Mengenai Saya

Foto saya
bandung, jawa barat, Indonesia

Kamis, 04 Desember 2008

PROPOSAL “ PEMANAS RUANGAN = LISTRIK “

PROPOSAL

“ PEMANAS RUANGAN = LISTRIK “

Diajukan untuk memenuhi tugas energi konversi

Oleh :

Indra Pardomuan Sihaloho




JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO

FAKULTAS PENDIDIKAN TEKNOLOGI DAN KEJURUAN

UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA

2008

JUDUL

“ PEMANAS RUANGAN = LISTRIK ”

A. LATAR BELAKANG

Tenaga listrik sangat berguna bagi kehidupan. Tenaga Listrik dibangkitkan di pusat-pusat listrik tenaga (PLT) seperti : Tenaga air (PLTA) yang menggunakn energi air sebagai sumber energinya, tenaga uap (PLTU) yang menggunakn energi uap sebagai sumber enrginya, tenaga panas bumi (PLTP) yang berasal dari magma bumi, tenaga gas (PLTG) yang menggunakan gas sebagi sumber energinya , tenaga diesel (PLTD), tenaga nuklir (PLTN) dan lain sebagainya.
Tenaga yang dihasilkan pembangkit listrik tidak semuanya tersalurkan atau di transmisikan terhadap pemakai.


B. TUJUAN DAN MANFAAT

Cogeneration : Teknologi pembangkitan panas dan tenaga secara simultan dalam satu proses dari satu sumber bahan bakar.

1. TUJUAN

Untuk mencapai efisiensi yang tinggi dalam penyediaan energi untuk kegiatan industri dan komersial. Diterapkan di kegiatan industri atau komersial yang memerlukan daya (umumnya listrik) dan proses pemanasan dan/atau pendinginan.
2. MANFAAT
a. Menambah ilmu dan wawasan serta dapat mengembangkan dan mengimplementasikan
b. Memanfaatkan energi yang terbuang/terbebas.
c. Penghematan energi secara berkala.

C. METODOLOGI
a. Studi literature, yaitu cara menelaah, menggali, serta mengkaji rumusan teori dari berbagai sumber yang mendukung..
b. Uji coba Program pengembangan ide kreative.
D. DAFTAR PUSTAKA
- Buku energi dan konversi
- Soft copy materi kuliah cogenerator
- Catatan mata kuliah energi dan konversi

SISTEM COGENERATOR PADA PEMANAS RUANGAN
Proses pemanas ruangan pasti memerlukan banyak energi, tentunya tidak sedikit energi yang terbuang dari proses pemanas ruangan. Dan seperti halnya juga pasti banyak juga energi yang terbuang dari pemanas ruangan tersebut Pemanfaatan energi terbuang atau si sisa energi ini cocok diambil atau digunakan kembali oleh kita dan menggunakannya menjadi sumber energi listrik dengan menggunakan system co-generator.
Energi yang terbuang atau bebas dari pemanas ruangan ( uap panas ) ditampung dalam Boyler, fungsi boyler disini sebagai pembangkit uap yang bebas , setelah melalui pengumpulan dalam boyler lalu uap yang dibangkitkan disalurkan ke dalam turbin uap, dalam turbin uap, uap yang telah terkumpul dan mempunyai tekanan besar cukup untuk membangkitkan listrik dengan diproses sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan energi listrik. Mungkin listrik yang dihasilkan oleh alat ini tergolong kecil atupun tidak banyak tetapi banyak manfaatnya seperti dapat mengurangi biaya penggunaan listrik.
Kendala yang dihadapi adalah masalah biaya, jelas biaya yang dikeluarkan untuk membuat suatu sistem tersebut tidaklah murah, bisa dibilang besar pasak daripada tiang. Mungkin dapat merasakan manfaatnya setelah baberapa waktu yang cukup lama. Tetapi jika kita melihat dari segi penghematan energi, sangatlah baik dan mulia ( walau kecil ). Karena telah mengupayakan dan mengefisiensikan energi yang terbuang atau energi bebas secara berkala.

Tidak ada komentar: